Senin, 05 Agustus 2019

                                          C. Menyajikan Bagan Server Softswitch PBX

Setelah memahami mengenai PBX dan konsep kerjanya,selanjutnya adalah mempelajari bagaimana membuat server softswitch tersebut.berikut adalah kebutuhan instalasi,perangkat pendukung,dan langkah-langkah untuk membuat server softswitch PBX.
1.Kebutuhan Instalasi Server Softswicth PBX
   Berikut adalah beberapa kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk melakukan instalasi server softswitch PBX :
A.Komputer
    Kebutuhan instalasi server softswitch PBX yang pertama adalah komputer.Spesifikasi perangkat yang digunakan yaitu Komputer dengan sound card yang tersambung ke jaringan Komputer TCP/IP atau internet.Bagi mereka yang cukup kaya,beberapa rekan menggunakan PDA ynag tersambung ke WIFI HotSpot.
B.Headset
    Headset adalah sebuah perangkat audio yang memiliki dua device yang digabungkan menjadi satu.Dimana pada headset terdapat perangkat input yakni mikrofon atau microphone dan perangkat output yaitu speaker.
C.Softphone
    Softphone merupakan program yang dapat digunakan untuk menelepon melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat komputer/laptop.
D.CODEC
    CODEC adalah pengodean suara menjadi kode digital agar dapat dikirim dalam jaringan komputer.Berbagai jenis CODEC di kembangkan untuk mengompres suara agar irit bandwidth tapi masih dapat didegar dengan baik.
E.IP PBX Server
    IP PBX Server adalah software yang digunakan untuk membuat sistem layanan komunikasi telepon melalui internet.
2.Perangkat Pendukung PBX
   Untuk membuat sistem PBX,perangkat-perangkat pendukung yang dibutuhkan di antaranya yaitu:
A.Voicemail Dan Voice Conference
   Voice mail system (juga dikenal sebagai voice mail,pesan suara atau bank suara)adalah sistem berbasis komputer yang memungkinkan pengguna dan pelanggan untuk bertukar pribadi pesan suara,untuk memilih dan menyampaikan informasi suara,dan untuk memproses transaksi yang berkaitan dengan individu,organisasi,produk dan jasa,dengan menggunakan telepon biasa.
B.Interactive Voice Response (IVR)
    Interactive Voice Response (IVR) adalah teknologi yang memungkinkan komputer untuk berinteaksi dengan manusia melalui penggunaan suara dan DTMF nada input melalui keypad.
C.Automatic Call Distribution (ACD) 
   Automatic Call Distribution (ACD) atau sistem distribusi panggilan otomatis,adalah perangkat atau sistem yang mendistribusikan panggilan masuk ke kelompok tertentu terminal atau agen berdasarkan pilihan pelanggan,nomor telepon pelanggan,operator jalur masuk ke sistem,atau waktu panggilan proses.
D.Computer Telephony Integration
    Computer Telephony Integration atau komputer integrasi telepon,juga disebut integrasi komputer telepon atau CTI,adalah nama umum untuk teknologi yang memungkinkan interaksi pada telepon dan komputer untuk diintegrasikan atau dikordinasikan.
E.Unified Messaging System (UMS)
    UMS adalah perangkat yang digunakan untuk mengintegrasikan berbagai media pesan elektronikdan komunikasi (e-mail,SMS,faks,pesan suara,pesan vidio,Dll.)UMS berada dalam satu antarmuka yang dapat diakses dari berbagai perangkat yang berbeda.
F.Fax Server Dan Fax on Demand
   Sebuah server faks adalah sistem dipasang di jaringan area lokal (LAN) server yang memungkinkan pengguna komputer yang komputernya melekat pada LAN untuk mengirim dan menerima pesan faks.
G.Call Recording System Dan Billing System 
    Sistem billing merupakan sistem yang membantu para usahawan untuk mengatur dan mencatat segala transaksi yang terjadi.
H.Web-based Management System
    Perangkat lunak manajemen proyek berbasis web adalah kumpulan program, proses dan informasi yang digunakan untuk mengelola berbagai tahapan proyek dan yang dapat diakses di internet. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar